Bahasa Mandarin dan Faktanya yang Perlu Diketahui Pemula

 

Bagi pemula yang baru saja ingin mempelajari bahasa Mandarin pasti ingin tahu fakta-fakta apa saja yang dimiliki bahasa satu ini. Fakta-fakta ini dapat membantu Anda para pemula untuk mengenal lebih jauh tentang bahasa dari negara barongsai dan lebih termotivasi untuk mempelajarinya.

Jadi, penasaran dengan apa saja fakta yang ada dari bahasa ini? Mari simak selengkapnya di sini, ya!

Di Mana Bahasa Mandarin Banyak Digunakan?

Seharusnya semua sudah tahu bahwa Mandarin merupakan nama bahasa yang digunakan oleh penduduk Cina dan merupakan dialek utama. Ternyata, bahasa satu ini disebut juga dengan Putonghua di Cina, dan memiliki beberapa dialek seperti Kanton, Shanghai, Minbei, Minnan, Xiang, Gan, dan Hakka.

Tentunya, karena Mandarin merupakan bahasa ibu dan bahasa resmi negara Cina, penduduknya sebagian besar menggunakan bahasa ini. Namun, tidak hanya di Cina, Taiwan yang dulunya bagian dari Cina dan kini telah membentuk negara sendiri juga masih memakai bahasa satu ini. Selain itu, negara lain seperti Singapura juga banyak menggunakan bahasa Cina, hanya saja terdapat beberapa perbedaan kosakata dan logat.

Bahasa Mandarin Dikenal Sebagai Bahasa Tonal

Apa itu bahasa tonal? Ternyata, bahasa tonal merupakan sebutan untuk bahasa yang menggunakan nada sebagai pembeda makna bagi pengucapan katanya. Di dalam bahasa negara dengan penduduk terbanyak ini, terdapat empat nada yang digunakan yaitu, nada pertama, nada kedua, nada ketiga, dan nada netral.

Hal ini kadang menyulitkan pemula dalam belajar bahasa Mandarin. Sebab, berbeda nada dapat menjadi berbeda arti. Hal ini berarti jika ingin belajar bahasa satu ini, Anda harus jeli dan berusaha menghapal perbedaan nada yang ada. Jangan sampai salah persepsi dan makna ketika berbicara atau mendengarkan orang berbahasa Cina yang sedang bicara hanya karena nada.

Fakta Huruf yang Digunakan dalam Bahasa Mandarin

Huruf dalam bahasa satu ini mengandung karakter logografis yang berarti merupakan simbol yang digunakan untuk menandai sebuah huruf. Jumlah huruf Mandarin diketahui mencapai lebih dari 100 ribu karakter. Bahkan, jumlah ini diketahui dapat terus bertambah mengikuti perkembangan zaman.

Namun, jangan takut dan merasa pusing dahulu ketika mengetahui fakta tersebut. Sebab, karakter yang umum digunakan dalam percakapan harian hanyalah 2500 buah. Jadi, jika Anda mahir dan ahli tentang 2500 karakter umum Mandarin, Anda sudah tergolong mampu bertutur Mandarin dengan baik.

Bahasa Mandarin Memiliki Pinyin Untuk Memudahkan Penutur Asing

Pinyin merupakan upaya dari bangsa Cina untuk memudahkan pelajar dan penutur asing Mandarin dalam mempelajari bahasanya. Pinyin dikembangkan sejak tahun 1950-an dan memang sejak dulu ditujukan untuk mengajari bahasa Cina pada orang asing.

Pinyin sendiri adalah bahasa Cina yang menggunakan abjad latin dan memiliki tanda nada. Meskipun penulisannya memakai aksara latin, Pinyin memiliki cara bacanya sendiri yang tidak sama dari penyebutan bahasa Inggris.

Pinyin diketahui sangat berguna bagi perkembangan belajar Mandarin pemula. Metode ini diketahui dapat membuat pemula cepat mempelajari percakapan Mandarin tanpa perlu menghapal aksara Cina.

Jadi, itu dia beberapa fakta bahasa Mandarin yang perlu Anda ketahui. Bagaimana? Ternyata bahasa Mandarin tidak terlalu sulit untuk dipelajari, kan? Bahkan, ternyata ada metode pengajaran bahasa ini yang dapat memudahkan penutur asing. Jadi, jangan ragu lagi untuk belajar Mandarin dan segera daftarkan diri Anda di LBLIA, ya!

Share this:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *